Kamis, 25 Oktober 2012
Lomba karya tulis UII
21.02
No comments
Lomba karya tulis ilmiah tahun 2012 ini diselenggarakan oleh Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia.
Peserta: siswa SLTA sederajat, mahasiswa dan Pustakawan.
Deadline: 23 November '12
KATEGORI:
Lomba ini khusus untuk kategori SLTA,Mahasiswa dan Pustakawan di seluruh Indonesia
WAKTU DAN PELAKSANAAN:
Perpustakaan dan Prestasi Belajar
Perpustakaan dan Pencerdasan Bangsa
Perpustakaan dan Pelestarian Budaya
Perpustakaan dan Keanekaragaman Budaya
Perpustakaan dan Percepatan Pengetahuan
Hasil penelitian bidang PUSDOKINFO
PENGHARGAAN:
Kategori SLTA
* lkti.sma@uii.ac.id untuk tingkat SLTA sederajat
* lkti.mahasiswa@uii.ac.id untuk tingkat mahasiswa
* lkti.pustakawan@uii.ac.id untuk pustakawan
disertai hasil scan bukti diri (kartu pelajar/ kartu mahasiswa/ kartu pegawai) dan nomer telepon yang bisa dihubungi*/**/***
9. Naskah yang telah dinyatakan sebagai pemenang, menjadi hak milik panitia dan penulis tidak berhak mempublikasikan dalam bentuk apapun.*/**/***
10. Keputusan panitia tidak bisa diganggu gugat.*/**/***
SISTEMATIKA PENULISAN:
3. Jumlah halaman maksimal 30 halaman dimulai dari pendahuluan sampai dengan lampiran */**
KRITERIA PENILAIAN/ SELEKSI NASKAH:
* : untuk kategori SLTA
** : untuk kategori Mahasiswa
*** : untuk kategori Pustakawan
Info: http://library.uii.ac.id/content/view/63/1/lang,id/
Peserta: siswa SLTA sederajat, mahasiswa dan Pustakawan.
Deadline: 23 November '12
KATEGORI:
Lomba ini khusus untuk kategori SLTA,Mahasiswa dan Pustakawan di seluruh Indonesia
WAKTU DAN PELAKSANAAN:
- Mulai penerimaan naskah : 15 September 2012
- Penerimaan naskah terakhir : 23 November 2012 jam 24.00 wib.
- Pengumuman pemenang : 07 Desember 2012
Perpustakaan dan Prestasi Belajar
Perpustakaan dan Pencerdasan Bangsa
- MAHASISWA (silahkan pilih)
Perpustakaan dan Pelestarian Budaya
Perpustakaan dan Keanekaragaman Budaya
Perpustakaan dan Percepatan Pengetahuan
- PUSTAKAWAN
Hasil penelitian bidang PUSDOKINFO
PENGHARGAAN:
Kategori SLTA
- Juara 1 : Rp. 2.000.000,- + sertifikat
- Juara 2 : Rp. 1.500.000,- + sertifikat
- Juara 3 : Rp. 1.000.000,- + sertifikat
- Juara 1 : Rp. 2.500.000,- + sertifikat
- Juara 2 : Rp. 2.000.000,- + sertifikat
- Juara 3 : Rp. 1.500.000,- + sertifikat
- Juara 1 : Rp. 3.000.000,- + sertifikat
- Juara 2 : Rp. 2.500.000,- + sertifikat
- Juara 3 : Rp. 2.000.000,- + sertifikat
- Tulisan didukung oleh data dan informasi yang terpercaya (berdasarkan telaah pustaka)**/***
- Hasil karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan/ belum pernah diikutsertakan dalam lomba di tempat lain*/**/***
- Logis dan Sistematis*/**/***
- Mengikuti kaidah penulisan karya tulis/ karya tulis ilmiah**/***
- Pada dasarnya karya tulis ilmiah memuat unsur-unsur identifikasi masalah, analisis permasalahan, kesimpulan dan memuat saran-saran atau rekomendasi untuk mahasiswa dan pustakawan*/**/***
- Naskah menggunakan Bahasa Indonesia yang baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg, dgn, dll, sbb.*/**/***
- Naskah sesuai dengan tema yang telah ditentukan.*/**/***
- Naskah dikirim ke alamat e-mail:
* lkti.sma@uii.ac.id untuk tingkat SLTA sederajat
* lkti.mahasiswa@uii.ac.id untuk tingkat mahasiswa
* lkti.pustakawan@uii.ac.id untuk pustakawan
disertai hasil scan bukti diri (kartu pelajar/ kartu mahasiswa/ kartu pegawai) dan nomer telepon yang bisa dihubungi*/**/***
9. Naskah yang telah dinyatakan sebagai pemenang, menjadi hak milik panitia dan penulis tidak berhak mempublikasikan dalam bentuk apapun.*/**/***
10. Keputusan panitia tidak bisa diganggu gugat.*/**/***
SISTEMATIKA PENULISAN:
I. Bagian Awal
1. Cover
2. Halaman Judul
a. Judul diketik dengan huruf besar (kapital)
b. Nama penulis ditulis dengan jelas beserta nomor induk: siswa/ mahasiswa/ pegawai, tahun dan asal
3. Kata pengantar dari penulis
4. Daftar isi, dan daftar lain yang diperlukan seperti (Daftar Isi, Daftar Tabel dan Lampiran)
5. Abstrak**/***
II. Bagian Inti
1. Pendahuluan
Bagian pendahuluan mencakup hal-hal sebagai berikut:
a. Latar belakang menguraikan alasan dan problem yang terjadi */**/***
b. Terdapat rumusan masalah yang ingin dipecahkan **/***
c. Tujuan, dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan.
2. Metode yang digunakan sesuai dengan masalah yang akan diselesaikan atau dipecahkan. **/***
3. Hasil Telaah/ Penelitian dan Pembahasan **/***
Bagian Hasil dan Pembahasan mencakup data, olah data, dan analisa data.
4. Kesimpulan dan saran.
III. Bagian Akhir
1. Daftar pustaka ditulis sesuai aturan yang berlaku untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan.*/**/***
2. Lampiran (jika ada)
PENGETIKAN */**/***
1. Tata Letak
a. Naskah diketik 1.5 spasi berukuran A4 (font 12, Times New Roman).
b. Batas pengetikan:
1) Samping kiri 4 cm
2) Samping kanan 3 cm
3) Batas atas 4 cm
4) Batas bawah 3 cm
2. Penomoran Halaman
a. Bagian pendahuluan yang meliputi halaman judul, nama/ daftar kelompok, kata pengantar dan daftar isi memakai angka romawi kecil dan diketik sebelah kanan bawah ( i, ii, dan seterusnya)
b. Bagian inti sampai dengan bagian penutup memakai angka Arab di tepi kanan atas (1,2,3, dan seterusnya)
3. Jumlah halaman maksimal 30 halaman dimulai dari pendahuluan sampai dengan lampiran */**
KRITERIA PENILAIAN/ SELEKSI NASKAH:
- Kesuaian dengan tema
- Format penulisan (tata tulis, sistematika, kejelasan, jumlah halaman, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)
- Topik yang dikemukakan (sifat topik, aktualitas, relevansi topik dengan tema)
- Data dan sumber informasi
- Kreativitas proses/ teknik pengolahan data, ketajaman analisis dan sintesis data dan memuat langkah-langkah efektif untuk menyelesaikan masalah
- Tingkat ketercapaian hasil dengan tujuan dan manfaat penulisan
* : untuk kategori SLTA
** : untuk kategori Mahasiswa
*** : untuk kategori Pustakawan
Info: http://library.uii.ac.id/content/view/63/1/lang,id/
Lomba Karya Tulis Reformasi Birokrasi
20.58
No comments
Lomba Karya Tulis Reformasi Birokrasi
Iklan by: Kartunet.com |
Kemitraan untuk Pembaharuan Tata Pemerintahan yang Baik dan didukung The Australian Agency
for International Development (AusAID) mengundang para aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat,
Mahasiswa, dan wartawan untuk terlibat dalam reformasi birokrasi dengan membuat tulisan
tentang Reformasi Birokrasi.
Ketentuan khusus untuk LSM dan Mahasiswa
- Sub Tema: Praktek Terbaik (Best Practices) Pelayanan Publik
- Tulisan yang diikutsertakan lomba belum pernah dipublikasikan
- Tulisan dibuat antara 10 sampai 15 halaman, ditulis pada halaman A4, jenis huruf Times New Roman, ukuran 12 spasi 1,5 dengan marjin kiri dan atas 4 cm, marjin kanan dan bawah 3 cm.
- Sub-Tema: tentang Aparatur Sipil Negara
- Tulisan pernah dimuat pada kurun waktu tahun 2012
- Harus melampirkan versi asli berupa cetak dan atau digital, dengan membubuhkan alamat situsnya.
- Karya peserta dikirimkan selambat-lambatnya 23 November 2012
- Pengumuman pemenang pada tanggal 7 Desember 2012 di website: www.menpan.go.id
- Pengiriman naskah dialamatkan kepada:
Gedung Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Jalan Sudirman Kavling 69, Jakarta Selatan
Atau e-mail: suwardi@menpan.go.id dan hery.desha@kemitraan.or.id
4. Panitia pelakasana hanya menetukan 3 karya terbaik untuk kategori jurnalis, mahasiswa dan
organisasi non-pemerintah:
Penghargaan:
Juara I : Rp 15.000.000,- + tropi + piagam
Juara II : Rp 10.000.000,- + tropi + piagam
Juara III : Rp 7.500.000,- + tropi + piagam
sumber: info-lomba.com
Rabu, 03 Oktober 2012
Senin, 01 Oktober 2012
PETUNJUK PRAKTIS PEMBUATAN SILASE
20.47
No comments
PETUNJUK
PRAKTIS PEMBUATAN SILASE
Disampaikan pada acara Pelatihan
Manajemen Pakan Ternak Awetan
Oleh Peserta KKN-PPM UMM Tahun 2012
SILASE adalah hijauan makanan ternak
(HMT) yang diawetkan dengan teknologi fermentasi. Pembuatan silase bertujuan
untuk mengatasi masalah kesulitan penyediaan hijauan makanan ternak pada musim
kemarau.
v
Bahan pembuatan Silase :
Bahan
untuk pembuatan silase adalah segala macam hijauan dan bahan dari tumbuhan
lainnya yang di sukai oleh ternak ruminansia, seperti : Rumput, Sorghum,
Jagung, Biji‐bijian
kecil, tanaman tebu, tongkol gandum, tongkol jagung, pucuk tebu, batang nanas
dan jerami padi, dll.
v
Manfaat pembuatan
silase:
1. Persediaan makanan ternak pada musim kemarau.
2. Menampung kelebihan HMT pada musim hujan dan
memanfaatkan secara optimal
3. Mendayagunakan hasil ikutan dari limbah pertanian
dan perkebunan.
v
Keunggulan dari
produk silase:
1. Nilai
gizi silase setara dengan hijauan segar bahkan dapat lebih tinggi
2. Disukai
oleh ternak
3. Tersedia sepanjang tahun baik musim hujan maupun
kemarau
v
Alat dan bahan
yang dibutuhkan untuk pembuatan silase:
• Mesin pemotong rumput (chopper)
• Mesin pengaduk (mixer)
• Mesin pengepres
• Pompa vakum
• Silo/kantong plastik dan karet pengikat
• Rumput/hijauan lain
• Inokulum / Starter (Misalnya STARBIO) : 200 ml per
100 kg hijauan
• Dedak/konsentrat: 5 kg/ 100 kg hijauan
• Tetes : 2,5 liter
v Ciri-ciri silase yang baik :
•
Harum
•
Warna hijau kecoklatan
•
Tekstur lembut
•
Tidak berjamur
• pH
sekitar 3.6 - 4.2
•
Disukai ternak
•
Suhu pada waktu dibuka tidak panas (kurang dari 30oC)
|
Hijauan (Rumput, Limbah Pertanian, Daun Tebu
dll) Dichoper
(dipotong-potong 3-5 cm)
|
|||
|
Langganan:
Postingan (Atom)